Indonesia Hidup di Zona Bencana

Posted: 1 November 2010 in Bencana Alam, Fenomena Alam

Indonesia. Indonesia tanah air kita. Indonesia tempat dimana kita lahir. Indonesia Negara yang patut dibanggakan oleh warganya. Dengan segenap Sumber Daya Alam yang melimpah dan juga Sumber Daya Manusia yang tak kalah melimpahnya. Namun dibalik semua itu, dibalik kekayaan Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya. Indonesia juga terletak di Zona Bencana. Dikelilingi oleh 3 lempeng bumi sekaligus yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Dengan posisi yang diapit oleh ketiga lempeng bumi itu Indonesia rawan mengalami gempa bumi dan tsunami. Tidak hanya itu Indonesia juga dilalui Sirkum Pegunungan yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Dan yang lebih parah lagi Indonesia terletak di daerah Cincin Api Pasifik atau yang lebih dikenal dengan Ring of Fire. Di daerah Ring of Fire ini gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

Memang letak Indonesia yang berada di Zona Bencana tidak dapat diubah dan itu menjadi takdir. Namun dengan kenyataan hal tersebut kita tidak boleh patah semangat. Kita tidak bisa hanya diam dan pasrah ketika Indonesia mengalami bencana.


 

 

 

 

 

 

Memang tidak hanya Indonesia yang terletak di Zona Bencana ini, Negara seperti Jepang, Negara di Amerika Selatan, dan juga Negara di Asia Tenggara. Namun bedanya ialah nampaknya pemerintah dari Negara tersebut sudah lebih maju dan lebih mengerti tentang bencana yang akan menghadang sewaktu-waktu. Pemerintah Jepang misalnya sudah rutin melakukan simulasi mengenai bencana yang akan menerjang Jepang sewaktu-waktu. Dan memperkecil jatuhnya korban jiwa akibat bencana

Hingga saat ini Bangsa Indonesia entah sudah sadar ataukah belum, bahwa Indonesia terletak di Zona Bencana. Pemerintah nampaknya belum siap ketika bencana datang menerpa seharusnya pemerintah Indonesia setiap saat tanggap darurat dan melakukan simulasi terhadap bencana yang sewaktu-waktu datang menerpa Bangsa tercinta ini. Buat apa ada studi banding jika Indonesia tetap seperti ini, hanya mengandalkan bantuan. Lebih baik kita memperkecil jatuhnya korban jiwa dibandingkan mengandalkan bantuan. Saya yakin Indonesia mampu mencapai cita-cita menjadi Negara yang mandiri. Tetapi entahlah kapan Indonesia dapat menjadi Negara yang mandiri. Kita tunggu saja janji pemerintah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s