Hati-Hati Virus McDonald mengancam di Facebook

Posted: 2 November 2010 in Jejaring Sosial, Teknologi, Virus
Tag:

Facebook. Siapa yang tak kenal dengan situs jejaring sosial yang satu ini. Facebook ini sudah mendunia, sehingga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang mulai dari promosi produk, promosi blog, hingga promosi-promosi yang lainnya (saking banyanknya).

Namun kini nampaknya pengguna Facebook mesti hati-hati, pasalnya Facebook juga dijadikan ajang penyebaran virus oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Baru-baru ini santer diberitakan terdapat virus McDonald di Facebook.

Penyebarannya melalui undangan yang dikirimkan kepada pengguna Facebook yang berisi tautan sebuah alamat yang beralamat di bit.ly, sementara undangan itu berisi video mengenai McDonald. Tetapi bukannya video yang anda dapat tetapi Facebook anda akan menyebarkan undangan tersebut dan mengotori inbox anda. Judul dari video tersebut bermacam-macam salah satunya antara lain ‘The Truth Behind McDonald.

Virus ini mengancam kepemilikan data pribadi anda. Setelah dicuri data pribadi anda akan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk dipakai sebagai berbagai macam penipuan di Facebook.

Setelah ditengok beberapa bulan sebelumnya, virus ini sudah ada sejak bulan Agustus 2010. Namun virus ini suka mengubah-ngubah judulnya tetapi intinya mengenai McDonald.

Bagaimana virus McD tersebut bekerja? Cara kerjanya yaitu. Pertama Undangan yang masuk ke Facebook anda berisi tautan sebuah situs yang berisi mengenai keanehan McDonald. Setelah diklik akan muncul sebuah aplikasi facebook berjudul ‘Worst McD’s Costumer’. Dan untuk mendapatkan informasi tersebut aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses identitas, posting di wall anda, akses data, akses kontak, bahkan sampai akses halaman Facebook anda.

Namun jika diklik bukannya video yang anda dapatkan, anda malah turut membantu menyebarkan virus tersebut. Saya sarankan anda meninggalkan aplikasi tersebut. Dan jika anda mendapatkan undangan seperti di atas saran saya tinggalkan aplikasi tersebut, cek informasi apa yang aplikasi tersebut inginkan. Ingat menurut saya keamanan situs jejaring sosial seperti Facebook masih lemah, jadi hati-hatilah dan jangan ragu untuk meninggalkan aplikasi yang terlalu banyak menginginkan informasi Facebook kita dan aplikasi yang mencurigakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s