Rahasia Sukses Pidato Obama

Posted: 11 November 2010 in Politik, Teknologi
Tag:, ,

Siapa yang tak kenal dengan Barrack Obama? Ngga kenal kebangetan deh. Ia adalah seorang Presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat.

Selain itu ia dikenal sebagai orator ulung, banyak yang terpukau dengan Obama saat dia melakukan pidato, termasuk saya. Tak terkecuali ketika ia menyampaikan kuliah umum di Balairung Universitas Indonesia. Dia membukanya dengan bahasa Indonesia seperti “Selamat pagi, assalamualaikum, salam sejahtera,” lalu enam ribu orang langsung membalas salam Obama

Dan setelah mengucapkan beberapa kata ia mengucapkan “Pulang Kampung nih,” dan sontak saja enam ribu orang yang hadir tertawa. Ternyata dibalik kempuannya sebagai orator ulung, dia mempunyai rahasia. Rahasianya ialah..

Rahasia yang pertama ialah mempelajari bagaimana para pendahulunya berorasi dan berpidato, seperti Abraham Lincoln dan Martin Luther King. Yang kedua ialah Barrack Obama menggunakan alat pembantu berpidato

bernama Teleprompter. Obama juga menggunakan Telempromter ketika melakukan pidato di hadapan hadirin di Balairung Universitas Indonesia. Nampaknya para hadirin tidak memperhatikan 2 buah kaca yang terletak di sebelah kiri dan kanan.

Teleprompter sendiri adalah semacam alat bantu baca khusus yang berbentuk seperti kaca dan dapat menampilkan teks untuk berbicara di depan umum, sehingga yang membaca terlihat seperti berbicara secara lisan tanpa menggunakan teks Presiden SBY pun pernah menggunakan ini sewaktu Pidato Kenegaraan Kemerdekaan RI Ke-64 di Rapat Paripurna DPR.

Komentar
  1. anang mengatakan:

    emang orangnya berkarisma banget kok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s