Kilas Balik Kapal Titanic

Posted: 3 Desember 2010 in Sejarah, Teknologi
Tag:, ,

Siapa yang tak kenal dengan Kapal Titanic. Yang belum kenal kenalan dulu gih, hehe😀. Kapal ini dibuat di galangan kapal Harland and Wolff dan dimiliki oleh White Star Line. Kapal Titanic ini diklaim sebagai Kapal Pesiar termewah kala itu.

Kapal ini memulai pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York Amerika Serikat pada Rabu 10 April 1912. Kapal Titanic sendiri berlayar dibawah pimpinan Kapten Edward J. Smith. Kapal Titanic sendiri juga diklaim kapal termodern dengan teknologi terbaru sehingga kemungkinan tenggelam kecil. Namun apa yang terjadi?? Dan akhirnya Titanic tenggelam dengan menabrak gunung es. Kapal Titanic tersebut terpecah menjadi dua bagian yaitu bagian depan dan belakang. Bagian depan tenggelam dengan sangat perlahan tetapi bagian belakang tenggelam dengan sangat cepat hingga akhirnya menancap di dasar laut.

Kapal penyelamat yang disediakan pun tak cukup sehingga sebagian besar penumpang Titanic tewas. Kebanyakan penumpang Titanic melompat dari kapal dengan harapan dapat sampai ke kapal penyelamat namun usaha mereka sungguh sia-sia, penumpang yang menceburkan dirinya ke lautpun tewas akibat hypothermia dalam air 280 F (-20 C).

Suar berwarna merah yang ditembakan Titanic ke udara sebagai tanda bahaya juga tak dapat membantu. Kapal Carpathia untuk mengevakuasi korban Titanic datang terlambat yaitu 2 jam setelah Kapal Titanic tenggelam.

Sementara itu penyebab dari tenggelamnya kapal Titanic sendiri memiliki beberapa versi. Saat ini saya hanya menceritakan satu versi saja.

Rivet (paku keling) yang digunakan untuk menyambungkan lempengan baja dalam Kapal Titanic ternyata berkualitas rendah. Mengapa hal itu dapat terjadi? Dikarenakan galangan kapal Harland and Wolff dituntut dapat membangun Titanic dengan waktu cepat dan dengan biaya murah, sementara itu Harland and Wolff juga sedang mengerjakan proyek 2 kapal besar lainnya.

Karena sudah dikejar deadline (tenggat waktu), Harland and Wolff terpaksa membeli Rivet bukan dari perusahaan langganannya. Ternyata kualitas rivet tersebut sangat jauh dari standar, sehingga kapal Titanic ketika menghantam gunung es rivet-rivet itupun terlepas dan membuat lempengan baja di lambung kapal itu jebol dan akhirnya Kapal Titanic pun tenggelam kurang dari 3 jam. Sungguh sangat tragis. Hingga kini Titanic tetap populer meski sudah lama tenggelam dan bahkan sampai dibuat Film.

 

Komentar
  1. I L H A M mengatakan:

    sob,, tukeran link ya ni link saya http://www.ilhamz.co.tv,,jika telah ditambahkan kunjungi web saya dan link mas pasti ada di blog saya^_^.

  2. […] Oke pasti semuanya kenal Titanic kan?? Tapi kalo sejarahnya tau belum??? Bagi yang belum tau silahkan liat posting saya yang sebelumnya disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s