Cara Mengupload Templates ke Blogspot

Posted: 21 Januari 2011 in Tutorial
Tag:,

Haduh… ketemu lagi dengan saya kawan, lagi pusing nih sebagai OSIS disuruh jualan kalender 2011 buat dana pensi, kira-kira kawan semua ada yang mau beli ngga? Silahkan kontak saya ya bagi yang belum punya. Curhat dikit ngga dilarang kan. Oke kembali ke topik kawan. Lagi bingung mau posting apa, yaudah deh akhirnya posting ini aja. Oh iya, karena saya juga bingung mau posting apa, kawan-kawan juga bisa ngerequest ko (kaya lagu aja direquest).

Oke balik lagi ke topik. Mungkin bagi para blogger pemula kebanyakan pada pake blogspot ya? saya yakin jawabannya pada iya. Memang dengan tampilan yang user friendly dan kode html yang bisa diutak-atik memiliki kelebihan tersendiri untuk blogspot, eits… tapi dimata saya wordpress masih lebih baik. Lanjut lagi, bagi para blogger pemula juga biasanya mengedit tampilan (templates) blognya menggunakan Perancang Template. Ayo ngaku bener kan????

Sepertinya itu cara dulu, sekarang zamannya kita bikin template sendiri bro!!! Bagaimana caranya mas wildan?? (jarang-jarang dipanggil mas) wah.. aku juga ngga tau, bercanda sob. Kita bisa menggunakan software yang dinamakan Artisteer. Untuk bahasan Artisteer akan saya posting di lain waktu ya.

Bagaimana kalo kita belum mampu membuat template sendiri bisa  anda mendownloadnya di situs-situs penyedia template gratis (free template). Untuk situs penyedia free template akan saya rekomdasikan di akhir posting.

Oke inilah langkah-langkahnya:

  • Pertama anggap saja anda sudah mempunyai template downloadnya. Biasanya berbentuk file berbentuk compressed (.zip). Buka file tersebut lalu cari file yang berekstensi .xml (biasanya tertera dalam sampingnya XML Document)
  • Setelah itu login ke akun blogger anda. Kemudian masuk ke Dasbor >> Rancangan >> Edit HTML Setelah itu pilih Download Template Lengkap (digunakan untuk menghindari kesalahan). Kemudian browse file XML tadi dan Unggah.
  • Selanjutnya akan ada pertanyaan mengenai widget. Pertanyaannya ialah ada beberapa widget tambahan. Lalu pihak blogger meminta anda agar tetap mempertahankan widget tersebut atau menghapus widget tersebut. Hal ini terserah anda

Gimana mudah bukan caranya. Tunggu apalagi sekarang saatnya mengganti tampilan blog anda istilah kerennya new template, new design, kalo udah berulang kali istilahnya retemplate dan redesign.

Seperti janji saya tadi saya akan memberikan beberapa list penyedia free template:

Yaps.. sampai sini dulu ya untuk free template yang lain silahkan searching di google. Jangan lupa komentar (ngga pake spam) dan rate ya. Komentar anda salah satu menuju sukses blogging.

Komentar
  1. Denzzz mengatakan:

    Nitip Lapak lagi ya gan…!!!
    alamatnya:
    http://blognyaanakdugem.blogspot.com/
    Namanya Blognya orang ganteng, isinya tentang ilmu pengetahuan gitu…!!!

  2. Teras Info mengatakan:

    terimakasih banyak atas triknya…
    saya sudah praktikan ini…🙂

  3. Mujahid mengatakan:

    makasih infonya ya sobat…

  4. heru mengatakan:

    kok gak mau ya di blog aku????????

  5. Artavista E mengatakan:

    oh..mau tanya mas..setelah mencari file berekstensi XML trus dicopy ke folder ga? makasih

  6. yolla mengatakan:

    kan tampilan blog sudah berbeda.terus caranya gimana lagi?

  7. dwi mengatakan:

    mantab mas brow

Tinggalkan Balasan

