10 Suporter Fanatik di Dunia

Posted: 29 Desember 2010 in Informasi, Sport
Tag:, ,

Yaps… sama seperti judul posting diatas saya akan membahas mengenai hal itu. Banyak orang mengatakan bahwa suporter dalam sepak bola merupakan pemain ke-12. Kehadiran suporter dalam pertandingan sepak bola kian hari semakin penting dan kehadirannya semakin banyak di stadion. Berikut ini akan saya tampilkan 10 suporter dari negara di dunia yang banyak dan fanatik.

Ayo langsung saja gan kita ke TKP

10. Mexico


Nah ini dia di posisi ke 10 ada Mexico. Selain dikenal dengan geng narkobanya yang banyak Mexico juga mempunyai suporter Mexico yang memang fanatik. Mereka mendukung Timnas Mexico dengan gaya Mexiconya dan kepadatan stadion ketika Mexico main mencapai 90%. Basis suporter Mexico sendiri terdapat di Chiva Guadalaraja.

9. Italia

Yaps… di posisi ke 9 ada juara dunia 2006 Italia. Italia memang dikenal dengan suporternya yang fanatismenya cukup tinggi. Bahkan hampir tiap klub mempunyai suporter garis keras, yang selalu total dalam mendukung Italia. Tingkat kepadatan di stadion mencapai 93%. Basis suporter Italia sendiri ada di Roma, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

8. Amerika Serikat


Yaps… di negara ini memang sepak bola kurang populer di Amerika Serikat. Olahraga yang populer di Amerika Serikat adalah basket, dan baseball. Namun kini sepak bola juga mulai cukup populer. Secara perlahan Piala Dunia membuat demam sepak bola di Amerika Serikat. Orang-orang Amerika mengatakan mereka terasa serasa berada di dunia lain selama Piala Dunia.

7. Argentina

Ya.. di posisi ke tujuh ada Argentina. Loyalitas pendukung Argentina untuk Timnas maupun klubnya sudah tak perlu diragukan lagi. Para suporter beranggapan bahwa kemenangan merupakan harga mati. Bahkan sama seperti di Indonesia sampai ada tawuran antar suporter yang menyebabkan kematian. Tingkat kepadatan stadion dapat mencapai 97%. Basis suporter fanatiknya kebanyakan di River Plate dan Boca Junior.

6. Prancis

Prancis merupakan tuan rumah Piala Dunia 1998 dan juara Piala Dunia 1998. Tak heran Prancis banyak memiliki Suporter fanatik.

5. Inggris


Tak dapat dipungkiri Inggris memang memiliki banyak suporter fanatik di negaranya. Para suporter tak henti-hentinya menyayikan lagu kebangsaan negaranya selama 90 menit pertandingan (apa ngga cape ya??) Rata-rata tingkat kepadatan stadion mencapai 99%. Basis suporter Inggris berada di Manchester dan Liverpool.

4. China

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa China yang memeliki penduduk terbanyak didunia memiliki suporter yang fanatik. Sepak bolanya pun diperhitungkan di kawasan Asia.

3. Indonesia

Ini dia yang ditunggu-tunggu pasti. INDONESIA. Yaps.. Indonesia berada di posisi tiga. Memang tak dapat dipungkiri fanatisme suporter Indonesia mengakui banyak negara yang sudah mengakuinya. Alfred Riedl pun demikian. Riedl sungguh loyal suporter Indonesia. Suporter Indonesia tetap setia dan loyal mendampingi Indonesia walaupun kalah dari 3-0 dari Malaysia. Walaupun begitu saya tetap optimis Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF Suzuki Cup 2010. Tingkat kepadatan stadion mencapai 96%.

2. Jerman

Jerman di posisi kedua. Suporter fanatik Jerman rela mengeluarkan duit banyak dan keliling dunia demi untuk mengikuti tour musiman tim idola mereka. Tingkat kepadatan stadion dapat mencapai 85% dengan tingkat loyal dan fanatisme yang tinggi.

1. Brazil

Yaps… saya rasa memang pantas untuk Brasil berada di posisi puncak. Negara ini terkenal sebagai pengekspor pemain bola terbesar di dunia. Suporter Brasil dikenal sangat loyal dan fanatik dengan tingkat kepadatan stadion mencapai 93%.

 

Tulisan ini dibuat tidak ngarang oleh saya sendiri. 10 suporter fanatik di dunia ini berdasarkan versi Firma Sport Marketing Inggris Initiative Futures Sport+Entertainment.

 

(sumber: hermawayne)


Komentar
  1. Joko berkata:

    Bukannya indonesia no 2

Tinggalkan komentar